Minggu, 16 Oktober 2016

Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Istiqlal secara harfiah berarti merdeka. Demikian nama masjid yang kini berdiri megah di tengah tengah kota kecil Bandarjaya di kabupaten Lampung Tengah.

Bukan hanya Jakarta yang memiliki masjid Istiqlal, Sebuah desa di Kabupaten Lampung Tengah pun memiliki masjid dengan nama yang sama. Masjid Istiqlal Bandar Jaya Namanya. Bandar Jaya adalah Kota Kecil Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah,provinsi Lampung.

Bandar Jaya dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera. Secara administratif, Bandar Jaya terbagi atas 2 kelurahan, yakni Bandar Jaya Barat dan Bandar Jaya Timur. Bandar Jaya Barat terletak di sebelah barat Jalan Raya Lintas Sumatera dan Bandar Jaya Timur terletak di sebelah timur Jalan lintas Sumatera.

Lokasi Masjid Istiqlal Bandarjaya
Jalan lintas timur sumatera, Desa Bandar Jaya
Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah
Provinsi Lampung 34163


street view


Masjid ini menjadi pusat peribadatan di Bandar Jaya sekaligus sebagai tempat singgah para musafir, juga merupakan masjid termegah di Kabupaten Lampung Tengah. Di Bandar Jaya terdapat dua pusat perbelanjaan, yaitu Plaza Bandar Jaya dan Chandra Superstore Bandar Jaya yang lokasinya berseberangan dengan masjid ini.

Masjid Istiqlal Bandar Jaya merupakan salah satu simbol dari desa bandar jaya. Sebelum berdiri seperti sekarang ini, masjid Istiqlal merupakan renovasi dari masjid Istiqlal yang terdahulu, yang berlokasi di belakang masjid yang sekarang. ***

Bangunan lama Masjid Istiqlal Bandar Jaya, masih terawat sampai hari ini dan difungsikan sebagai tempat belajar mengajar keislaman.
kubah masjid Istiqlal Bandar Jaya diantara pepohonan.
Dari sudut yang lain.
MERIAH. selama bulan Romadhon, disekitar masjid Istiqlal Bandar Jaya yang juga berseberangan dengan pusat perbelanjaan di kota itu meriah dengan aneka warna gerai produk yang digelar disana.

-----------------

Baca Juga Masjid Masjid Lampung Tengah Lainnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA