Minggu, 23 April 2017

Masjid Al-Istirohah Jati Kosar, Gandasari, Cikarang Barat

Masjid Al-Istirohah. Dalam bahasa Indonesianya berarti Istirahat.

Sesuai dengan namanya masjid ini merupakan masjid yang berada di kampung Jati Kosar, Desa Gandasari, Kecamatan Cikarang Barat. Sebelumnya Desa gandasari ini masuk kedalam wilayah kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Masjid yang adem dilingkungan yang nyaman di tengah tengah kampung Cibuntu. Bila merujuk kepada piagam yang ada di masjid, bangunannya dididirikan tahun 1990, namun bila melihat kondisinya sepertinya sudah jauh lebih tua dari itu.

Bangunan masjid ini dibangun dalam arsitektur masjid masjid asli Indonesia dengan atap limas / tumpang bersusun tiga. Di dalam masjid terdapat empat sokoguru menopang struktur atapnya. Teras masjid terdapat di sisi kanan dan depan masjid sedangkan sisi kirinya merupakan lahan pemakaman umum muslim (TPU) Sirnaraga, yang cukup luas.

Masjid Al-istirohah Jati Kosar, Gandasari Cibitung
Kp. Cibuntu Bojong RT.02/01
Desa Gamdasari, Kec. Cikarang Barat (d/h Cibitung).
Kab. Bekasi, Jawa Barat.


Berdasarkan Piagam yang dikeluarkan oleh Kantor Departemen Agama kabupaten Bekasi nomor K-10/B4.02/33/IX/2000 bertanggal 20 September 2000, disyahkan oleh Drs. H. Thoha Hasan MM. disebutkan bahwa masjid Al-Istirohah ini dibangun tahun 1990.

Di dalam masjid ini juga terdapat suat keputusan dari Direksi PT. Indofarma (Persero) tentang persetujuan pemberian hibah perbaikan sarana Ibadah, sosial dan olahraga, nomor 1081/DIR/SK/XII/199 tanggal 1 Desember 1999 ditandatangani oleh Direktur Utama Indofarma, Gunawan Pranoto.

Interior Masjid Al-Istirohah

Surat tersebut menjelaskan tentang bantuan dari Indofarma Kepada masjid ini melalui program kemitraan dan bina lingkungan dari PT. Indofarma (Persero) yang dilakukan oleh Unit Kerja Pembinaan Usaha kecil dan Mengengah PT. Indofarma (persero). Program dimaksud adalah pemberian bantuan hibah perbaikan sarana ibadah, sosial dan olahraga kepada masjid, pos keamanan, sarana olahraga di lingkungan PT. Indofarma di Manggarai dan Cibitung.

Sisi teras depan masjid ini mepet ke jalan raya, sehingga sama sekali tidak ada lahan parkir kendaraan di depan masjid ini. Sementara bagian sisi kananya terdapat jalan kecil masuk ke pemukiman penduduk. Kondisi bangunanya cukup terawat baik begitupun kebersihannya.***

Papan nama masjid di dalam komplek TPU
Pintu utama Masjid Al-Istirohah
TPU Sirnaraga dari teras masjid
TPU Sirnaraga disebelah Masjid Al-Istirohah