Sabtu, 15 Juli 2017

Masjid At-Taqwa Kampung Kukun, Ciantra

Masjid At-Taqwa Kampung Kukun Saat ini


Masjid At-Taqwa ini merupakan salah satu masjid yang berdiri di kampung Kukun desa Ciantra. Bangunan masjid megah ini belum terlalu lama berdiri disini, sebelumnya ditempat ini memang sudah ada bangunan masjid meski bentuknya tak semegah saat ini dan juga tidak sebesar ukurannya kini.

Bangunan masjid At-Taqwa sebelumnya berupa bangunan masjid sederhana berdenah segi empat dengan atap limas dan tidak terlalu besar. Di tahun 2015 baru kemudian dibangun bangunan masjid yang kini berdiri dan diresmikan penggunaannya oleh Bupati Bekasi Ibu. H. Neneng Hasanah Yasin pada tanggal 19 Desember 2015.

Masjid At-Taqwa
No.9-70, Jl. Kp. Kukun, Desa Ciantra
Cikarang Selatan, Kab. Bekasi, Jawa Barat 17530



Bersamaan dengan pembangunan masjid, bangunan madrasah yang ada disamping masjid ini juga ditinggikan menjadi dua lantai. Hanya bangunan kamar mandi dan tempat wudhu di samping masjid yang masih dalam bentuknya yang lama.

Meski berukuran tak terlalu besar, masjid ini dibangun cukup apik dengan detil yang lumayan rapi. Masjid dengan rancangan modern dengan empat menara di tiap sudutnya, satu kubah besar bertengger di atap masjid.

anak anak remaja putri di teras masjid ba'da sholat tarawih

Dominasi warna hijau dan corak geometris mendominasi ekterior masjid ini hingga ke interiornya. Empat sokoguru di dalam masjid ini juga diberikan sentuhan seni yang sama dengan bagian empat menaranya. Cukup rumit tampaknya menangani ornamen tersebut.

Di samping pintu masuk terpampang struktur organiasi pengurus masjid ini. Sementara di dalam ruangan masjid yang tak terlalu luas ini dilengkapi dengan perangkat penyejuk udara. Sebuah lampu gantung berukuran besar menjuntai dari kubah masjid, begitupun di ruang mihrab.

Bah’da sholat Tarawih, masih terlihat beberapa meja di depan masjid yang tampaknya tempat menyiapkan ta’jil bagi jamaah berbuka puasa dan ada beberapa anak anak remaja putri yang asik berbincang bincang di teras masjid, pemandangan yang sangat khas ramadhan.*** 

Interior masjid at-taqwa kukun
Struktur Organiasi Pengurus Masjid dipampang di samping pintu masuk
Tanda peresmian masjid
Gedung madrasah disamping masjid
Masjid At-Taqwa Sebelum renovasi 2015
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara
------------------------------------------------------------------

Artikel Terkait


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA