Minggu, 14 Mei 2017

Masjid Jamie Al-Ikhlas Sempu

Masjid Jamie Al-Ikhlas Kampung Sempu

Kampung Sempu tempat masjid ini berada merupakan salah satu kampung di Desa di Cikarang yang wilayahnya terkurung oleh kawasan industry Jababeka. bila di masa lalu mungkin kawasan ini adalah kampung yang sangat terpencil di pinggiran sawah yang luas atau mungkin bahkan diantara kawasan rawa rawa.

Kini tetap sama, masih terpencil diantara kawasan industry. pembedanya adalah bila dimasa lalu mata pencaharian penduduknya adalah dengan bertani, namun kini sawah sawah yang dulunya menghijau sudah berubah jadi pabrik, mata pencaharian penduduknya pun bergeser ke perdagangan dan jasa, termasuk membangun jejeran rumah kontrakan yang kini menyesaki daerah ini.

Masjid Jamie Al-Ikhlas Sempu
Kampung Sempu RT.01/03 Desa Pasir Gombong
Kec. Cikarang Utara, Kab. Bekasi. Jawa Barat 17530
Indonesia


Ukuran masjidnya cukup besar meski tidak di tepi jalan utama. Halamannya cukup luas untuk parkir kendaraan, dan seluruh halamannya sudah di paving blok. di sore hari ada banyak anak anak yang datang ke masjid ini siap siap untuk sholat Magrib setelah sholat magrib dilanjutkan dengan belajar mengaji dalam Suasana yang meriah khas anak anak.

Selain anak anak, di sore hari ada beberapa pria dewasa yang begitu sibuk membersihkan masjid ini mulai dari menyapu hingga mengepel lantai masjid baik di bagian dalam maupun di bagian luar hingga ke kamar mandi dan area berwudhunya yang berada di teras sebelah kanan bangunan utama.

Interior Masjid Jamie Al-Ikhlas Sempu

Untuk menuju ke masjid ini, dari arah pertigaan pasir gombong ke arah Pasar Cikarang, setelah melewati pertigaan kawaan Jababeka di Jurong, sebelum POM Bensin ada belokan ke kiri, masuk ke jalan tersebut, bila menggunakan mobil agar lebih hati hati karena ruas jalan yang tidak terlalu lebar. Masjid ini ada di sisi kanan jalan.

Bangunan Masjid ini sebenarnya cukup unik. terdiri dari bangunan utama berupa bangunan masjid dengan atap limas bersusun, seperti halanya masjid masjid khas tanah air kita. Namun atap limas di masjid ini tidak hanya satu tapi terdiri dari tiga atap limas sekaligus. ditambah lagi dengan terasnya yang cukup lega, membuat-nya begitu lega untuk menampung Jemaah dalam jumlah banyak.***

Teras Masjid Jamie Al-Ikhlas Sempu
Masjid Jamie Al-Ikhlas Sempu di Sore Hari
Masjid Jami Al-Ikhlas Sempu di malam hari.